Pesona Green Canyon Primadona Wisata Jawa Barat


Pesona Keindahan Green Canyon Pangandaran ini yang merupakan Primadona Wisata di Kawasan Jawa Barat, pesona yang menawan dari obyek wisata Green Canyon Pangandaran sebagai daya tarik untuk Pengunjung mengunjunginya.

Green Canyon adalah obyek wisata yang lokasinya tidak terlalu jauh dari Pantai Pangandaran, hanya berjarak 31 km atau kurang lebih 1 jam berkendara ke arah barat dari Pangandaran. Obyek Wisata Green Canyon berlokasi di Dusun Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Pangandaran, Jawa Barat-Indonesia.

Green Canyon atau penduduk sekitar menyebutnya Cukang Taneuh (bahasa Sunda) yang artinya Jembatan Tanah yang konon dulu terdapat jembatan tanah yang digunakan sebagai jalan lalu lintas di atas aliran sungai.

Green Canyon merupakan Kawasan Wisata dari aliran sungai Cijulang dengan arus sungai yang pelan dan mempunyai air sungai yang bening dan berwarna hijau tosca, terutama pada saat musim kemarau, warna hijau dan bening dari air sungai begitu kontras jelas terlihat.

Pesona Alam Green Canyon juga menjadi daya tarik, sejuk, asri dan hijau dari rimbunnya pepohonan merupakan daya tarik sebagai nuansa pemandangan Alam yang menawan.

Menikmati Pesona Green Canyon di mulai dengan menggunakan jasa perahu wisata ( ketingting ) dengan jumlah ratusan yang banyak di temukan di dermaga Green Canyon ( dermaga Cisereuh ) yang lokasinya dekat Pintu Masuk Obyek Wisata Green Canyon. Naik perahu dengan dilengkapi jaket pelampung yang disediakan pihak jasa sewa perahu sebagai alat pengaman saat berwisata menyusuri Sungai Green Canyon.

Menikmati aliran Sungai Cijulang yang tenang dengan airnya yang jernih, sepanjang mata memandang hijaunya alam yang asri di sisi kanan dan kiri sungai akan menjadi pemandangan sepanjang perjalanan, ngarai-ngarai indah dan dinding batu dengan relief ukiran yang terbentuk secara alami akan menjadi pesona pemandangan yang indah, Setelah perjalanan dengan perahu sekitar 15 Menit disini akan diteruskan dengan petualangan seru dari wisata Green Canyon bebatuan sungai yang memaksa perahu pesiar berhenti tetapi akan menjadi petualangan menarik dengan sejuknya air sungai Green Canyon, disini bisa renang, snorkeling melihat keindahan bawah sungai Green Canyon, biota bawah sungai, lubuk-lubuk sungai yang indah akan menjadi sensasi wisata yang penuh pesona.
Tidak jauh dari lokasi renang akan temukan gua indah dengan hiasan dindingnya aneka stalagit, stalagmit bermacam-macam bentuk, dan seabuah curahan hujan dari Pemandian Putri atau sering disebut hujan abadi, air yang keluar dari dinding-dinding gua seperti air hujan yang belum berhenti sampai sekarang, air ini berupakan serapan akar-akar pohon yang berada diatas gua Green Canyon dan merembes ke pori-pori dinding-dinding gua ini, menyerupai air hujan karena banyaknya pori-pori dari dinding gua Green Canyon ini, bisa mandi di sejuknya Pemandian Putri dengan guyuran air hujan alami ini.

Batu Payung Green Canyon yang tidak jauh dari Pemandian Putri bisa menjadi kegiatan wisata selanjutnya, menguji andrenalin meloncat ke sungai dari atas Batu Payung bisa menjadi pilihan, dengan jarak ketinggian yang lumayan dari atas Batu Payung dengan permukaan air sungai Green Canyon sekitar 4-5 meter, meloncat dan menceburkan diri di sejuknya sungai akan menjadi pesona sensasi yang menegangkan penguji andrenalin akan tetapi mengasikan, jika dirasa cukup andrenalin sudah teruji melonjat di Batu Payung Green Canyon, ada pesona kegiatan wisata yang tak kalah seru, sembari perjalanan pulang menghayutkan diri dengan memakai jaket pelampung sebagai pengaman di aliran sungai Green Canyon yang tenang sambil relaxsasi bisa menjadi pilihan diiringi perahu wisata, setelah terasa puas langsung naik perahu dan kembali ke dermaga Cisereuh, Green Canyon.

Setelah berganti pakaian, bisa diteruskan dengan wisata Kuliner Green Canyon, aneka masakan lezat bisa sebagai suplai nutrisi dan tenaga untuk tubuh yang telah terkuras, Aneka masakan khas tepi Sungai Green Canyon bisa menjadi pilihan diantaranya masakan seafood, ikan bakar, ayam bakar, sate dan masakan khas sunda yang bisa di temukan di Kedai dan Rumah Makan sekitar Obyek Wisata Green Canyon Pangandaran-Jawa Barat.

Oleh-oleh makanan khas Green Canyon bisa menjadi pilihan wisata belanja, aneka makanan, jajanan, dan buah-buahan bisa menjadi pilihan sebagai oleh-oleh dibawa pulang. Oleh-oleh Khas Green Canyon seperti Opak dan Rangginang juga mudah ditemukan di tempat wisata ini.

Hotel untuk menginap yang tidak jauh dari Green Canyon, bisa ditemukan di Kawasan Pantai Batu Karas, atau untuk lebih banyak pilihan hotel dan penginapan bisa juga menginap di Kawasan Pantai Pangandaran.

Tips wisata di Green Canyon Pangandaran, Jawa Barat.
- Berwisata di Green Canyon untuk musim kemarau akan lebih bagus karena air Sungai Green Canyon lebih jernih dan warna airnya lebih mempesona, jika musim hujan warna air sungainya cenderung keruh dan kecoklatan.
- Bawa Pakaian untuk ganti jika ingin basah-basahan.
- Bawa sandal gunung.

No comments: