Sungai Cijulang ( Green Canyon )


Green Canyon (Cukang Taneuh) merupakan obyek wisata dari aliran Sungai Cijulang berwarna hijau tosca, jernih, kesejukan alam, pesona stalagmit, stalagit, pemandian putri batu payung, petualangan berperahu, body rafting, adalah perpaduan lengkap Green Canyon sebagai tempat wisata populer. Green Canyon terletak di desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Jawa Barat- Indonesia, sekitar 31km dari Pangandaran. Bill John (wisatawan asal Amerika yang pertama kali menyusuri sungai Cukang Taneuh dan mengganti nama menjadi Green Canyon)telah membuka mata dunia menyulap Cukang Taneuh menjadi Green Canyon yang populer seperti sekarang ini. Sejak di resmikan Green Canyon pada tahun 1994 sebagai tempat wisata, dari tahun ke tahun jumlah pengunjung terus meningkat. Green Canyon-Indonesia dengan khas alam tropis bukan Grand Canyon-Colorado Amerika, ini Cukang Taneuh (jembatan tanah) di Pangandaran Jawa Barat yang patut kita banggakan sebagai tempat wisata populer sampe ke mancanegara.

Green Canyon dari Pangandaran dengan berkendara sekitar 1,45 menit- 2 jam perjalanan sampe ke Pintu Masuk Green Canyon, Dermaga Green Canyon dan Pintu Masuk berada dipinggir Jalan yang juga dilalui kendaraan umum baik bis maupun Angkutan Kota dari Pangandaran dan ke Pangandaran. Jalan menuju lokasi bagus hanya sedikit belokan dan jalan menyempit, dan berlubang.

Aliran Sungai Cijulang dan Pesona Green Canyon begitu cepat populer sebagai tempat wisata di Selatan Jawa Barat, perpaduan antara wisata air dan wisata alam menawan. Sebuah ketingting (perahu) akan mengantar dari dermaga Sungai Cijulang menuju petualangan seru di aliran sungai yang tenang, ngarai indah, alam yang asri, dan pemandangan menawan Green Canyon.

Cukang taneuh layaknya artis dengan nama beken Green Canyon dan kian populer sebagai primadona wisata Jawa Barat-Indonesia. Keindahan pesona Green Canyon menarik wisatawan untuk mengunjunginya sebagai tempat liburan menyenangkan.
Green Canyon Pangandaran sebuah obyek wisata di Jawa Barat menjadi destinasi wisata menarik, mempesona sebagai tempat liburan menawan..

Tips wisata ke Green Canyon, jika anda berkunjung ke tempat ini alangkah baiknya pada musim kemarau, karena pada musim kemarau airnya sungai Green Canyon, jernih, warna bening kehijauan dan kesejukan airnya lebih terasa. Tetapi jika musim hujan air sungai Green Canyon Kecoklatan dan kurang jernih. Jangan lupa membawa perlengkapan berenang supaya bisa lebih menikmati kesejukan dari aliran Sungai Cijulang dan berenang dengan leluasa. Memakai sendal gunung dan jangan lupa bawa perbekalan secukupnya karena, penjual makanan, minuman hanya berada di Sekitar dermaga dan Pintu Masuk Green Canyon..




No comments: